Click here for Myspace Layouts

Selasa, 19 April 2011

MEMBUAT INFORMASI PENYIARAN LEWAT RADIO

Naskah Siaran

Mungkin ada yang bingung dengan judul di atas. "Siaran pakai naskah ? yang bener aja," pikir mereka. "Kalo siaran .. ya siaran, bicara sesuai dengan apa yang dipikirkan, ga perlu pake naskah, emang mau bikin sandiwara radio, ribet banget sih". Hem .. mungkin bagi penyiar yang udah pinter banget berkata-kata, emang ga perlu kali ya tiap siaran bikin naskahnya. Namun bagi para pemula, keberadaan naskah siaran sangatlah penting.


Karena kualitas seorang penyiar itu bisa dilihat salah satunya dari kemampuan dirinya secara spontan dalam mengekspresikan kata-kata yang terucap dari bibirnya saat mengudara. Sehingga kemampuan announcing dan adlibbing mutlak diperlukan untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Suara dan kata-katanya terdengar lentur, mengalir, luwes, ekspresif dan menyenangkan bagi pendengarnya. Jadi seorang penyiar tidak hanya duduk di depan mic dan kemudian bicara "hai" atau "hallo" saja. Tetapi dia juga harus mampu memberikan suatu emosi pada kata-kata yang diucapkannya dan menciptakan "teater of mind" pendengarnya.

Nah .. salah satu cara untuk melatih kemampuan adlibbing atau bicara spontan adalah dengan menulis naskah siaran. Dengan membiasakan diri berlatih menulis sistematis, kita juga nanti akan terbiasa untuk bicara fokus tanpa berbelit-belit. Selain itu akan meningkatkan daya tarik penampilan kita jika kita menulis komen-komen berbobot.

Naskah siaran berisi nama penyiar, nama stasiun radio, nama program acara, nomor telepon, nomor sms, isi komen, judul lagu dan penyanyinya. Kemudian naskah terdiri dari tiga bagian yaitu untuk opening greeting (salam pembuka), comment (komentar), closing greeting (salam penutup).

Contoh Naskah Siaran

Program Intips

Durasi : 60 menit
Konten : Informasi dan Tips tentang karir, kesehatan, tanaman dan makanan
Lagu : Malaysia

Opening Greeting

Assalamu’alaikum wr wb

Apa kabar insan persada ? Mungkin Anda masih merasakan atmosfer liburan / Belum bersemangat bekerja /// Namun / hal ini bukan menjadi “pembenaran diri” bahwa Anda bisa berleha-leha, kan? // Kembalikan produktivitas kerja Anda dengan tips yang akan saya bagikan / selama 60 menit ke depan / dalam Intips / Informasi dan Tips // Tetap setia di Abdi Persada FM / jendela informasi dan media hiburan terdepan /// Ada Ami Search dengan Isabella ///

---- lagu -----

comment 1

Menurut female.kompas.com / Jika anda ingin hari-hari anda lebih produktif / cobalah rencanakan aktivitas kerja sehari anda dengan model kurva melengkung /// Mulai dengan pekerjaan yang mudah dan menyenangkan di awal hari /// Begitu mulai “panas”/ selesaikan pekerjaan yang mulai sulit / atau yang biasa Anda hindari // Lakukan pekerjaan yang paling sulit usai makan siang // upayakan makan siang secukupnya saja / jangan terlalu kenyang karena mengakibatkan kantuk // lalu akhiri hari dengan mengerjakan tugas yang tak terlalu memusingkan //

---- lagu -----

Closing Greeting

Baik .. insan persada // Sedikit tips yang saya bagikan / semoga bisa membantu agar hari-hari anda lebih produktif // Nantikan informasi dan tips menarik lainnya / hanya di Abdi Persada FM // Saya .. pamit undur diri // Wassalam ///

Ok .. Sebenarnya ini merupakan salah satu naskah yang digunakan untuk tes adlibbing calon-calon penyiar yang melamar di radioku. Kamu bisa mengembangkan sesuai dengan versimu. Semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan untuk media latihan ..

Sampai Jumpa di Tips Siaran berikutnya (Dini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar