Click here for Myspace Layouts

Selasa, 19 April 2011

MANAGEMEN AGRIBISNIS

Seperti yang kita ketahui bersama, kita kaya sekali akan berbagai macam buah dan sayur. Hampir di setiap daerah menghasilkan komoditas ini, bahkan di beberapa daerah mempunyai komoditas unggulan berbagai macam buah dan sayur. Namun sayang sekali pengelolaan komoditas ini masih terbatas. Seringkali kita melihat harga buah dan sayur jatuh pada saat puncak panen. Hal ini disebabkan penanganan buah dan sayur hanya untuk konsumsi segar saja, padahal buah dan sayur termasuk produk yang cepat rusak (perishable).
Alternatif solusinya adalah dengan memanfaatkan buah dan sayur termasuk sebagai bahan baku industri pangan olahan. Dengan pengolahan ini dapat meningkatkan nilai tambah produk sekaligus meningkatkan nilai ekonominya serta menjaga stabilitas harga di pasaran. Industri pangan olahan untukbuah dan sayur yang prospektif pada saat ini adalah pengolahan buah dan sayur menjadi kripik buah maupun kripik sayur.
Berbagai macam buah dan sayur yang ada disekitar kita, dapat diolah menjadi pangan olahan kripik berbentuk kripik. Buah-buahan yang dapat diolah menjadi kripik buah dan telah banyakbanyak diolah antara lain nangka, nanas, apel, wortel, salak, mangga, melon dan lainya. Sedangkan sayur-sayuran yang banyak diolah antara lain waluh/labu, pepaya, terung, buncis, kacang panjang, mentimun, jamur tiram dan sebagainyal.
Dengan menggunakan mesin dan peralatan lainya, buah dan sayur itu, bisa kita tingkatkan nilainya sehingga menjadi komoditi dengan nilai jual tinggi. Pada saat ini yang paling banyak dipakai dan effisien dalam mengolah kripik buah dan sayur adalah mesin penggoreng hampa udara ( vacuum frying).
Pemakaian mesing penggoreng ini lebih menguntungkan, selain operasinya yang tidak rumit suhu selama proses penggorengan juga bisa diatur sesuai dengan bahan yang digoreng dan yang lebih bagus lagi adalah proses penggorengan dilakukan pada rendah yang terkontrol, yaitu pada suhu antara 80 – 85 derajat celcius sehingga buah dan sayur yang digoreng tidak berubah warna / gosong. Warna buah dan sayur yang diolah tetap sesuai warna aslinya. Tentu ini sangat menarik, bukan?
Sistem Kerja Vacuum Frying.
Sistim kerja mesin vacuum frying (pengering buah) sangat sederhana. Konstruksi mesin kompak dan sederhana sehingga tiddak memakan tempat dan memudahkan dalam pengoperasianya. Sistem kerjanya sebagai berikut. Buah / sayur digoreng pada mesin vacuum fryer, dengan medium minyak goreng. Pemanasan minyak goreng disetting pada suhu rendah antara 80-85 derajat celcius. Pemanasan ini menggunakan bahan bakar LPG. Untuk mempercepat penggorengan, maka dilakukan penyedotan kandungan air pada buah dengan cara pemvakuman. Pemvakuman ini menggunakan pompa khusus, dengan tenaga listrik.
Selama penggorengan suhu penggorengan terkontrol otomatis pada suhu 80-85 derajat celcius. Suhu rendah yang terkontrol ini menjadikan buah dan sayur yang digoreng tetap pada warna aslinya, tidak berubah warna atau gosong seperti kita mennggoreng secara konvensional pada umumnya. Sehingga jika kita mengolah nangka menjadi kripik maka warna asli nangka yang kekuning-kuningan tetap ada. Ini tentu sangat menarik dan mengundang bagi para konsumen.
Selain itu kelebihan lainya, adalah buah dan sayur yang diolah menjadi kripik dengan proses penggorengan Vacuum Frying ini nutrisi yang dikandung pada buah dan sayur tidak hilang selama proses penggorengan. Karena proses penggorengan dilakukan pada suhu rendah yang terkontrol yaitu pada suhu antara 80 – 85 derajat celcius disertai dengan proses pemvakuman (hampa udara). Penggorengan juga dilakukan dengan tanpa penambahan zat pewarna maupun zat perasa (MSG) sehingga produk tetap dengan warna alaminya dan rasa asli dari buah dan sayur tersebut. Sehingga kualitas produk tetap terjaga dan hasilnya adalah kripik buah dan sayur yang renyah, kering, tanpa / sedikit minyak, tanpa zat tambahan dan alami.
Cara membuat keripik buah dan sayur dengan mesin vacuum frying ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Prosesnya adalah sebagai berikut :
1. Buah dikupas dan iris sesuai dengan keinginan kita.
2. Buah / sayur dimasukan ke mesin.
3. Kripik buah / sayur akan matang dalam waktu antara 40 – 60 menit.
Peluang Usaha
Peluang usaha pengolahan kripik buah dan sayur ini masih terbuka lebar. bahan bakunya mudah diperoleh dan sangat melimpah di sekitar kita. Pasarnya masih terbuka lebar, masih banyak para pengusaha pengolahan in yang belum mampu memenuhi pesanan. Secara ekonomis, usaha ini sangat menguntungkan. Keuntungannya bisa mencapai 100 persenn dengan perkiraan modal bisa kembali sekitar 4 – 6 bulan sudah bisa mencapai BEP. Harga jualnyapun sangat tinggi, dipasaran harga kripik buah dan sayur ini berkisar antara Rp.60.000 – Rp. 100. 000 per kilogram.
Mesin vacuum frying ini dapat diperoleh dengan mudah di pasaran. Sekarang ini banyak produsen yang menyediakan mesin ini dengan harga relatif murah. Kapasitasnyapun bervariasi dari yang paling kecil antara 1, 5 kilogram sampai 50 kilo gram sekali proses penggorengan. Tinggal kita sesuaikan saja dengan modal dan skala usaha kita.
Terutama bagi kelompok tani atau gapoktan ini sebenarnya peluang usaha yang bisa digarap di perdesaan, tinggal memanfaatkan produksi buah dan sayur dari anggota dan kelompok tani/gapoktan yang menyediakan mesinya. Gapoktan bisa menjaga harga buah dan sayur anggotanya dengan menampung produksinya, kemudian diolah di unit usaha gapoktan yang membidangi pengolahan dan pemasaran hasil. Kalau ini berjalan dengan baik maka ekonomi perdesaan akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar