Click here for Myspace Layouts

Rabu, 09 Maret 2011

Pembelajaran Internet dan Powerpoint di UPT Mempawah Hilir

       Dalam rangka peningkatan kualitas kinerja perangkat penyuluh pertanian di tingkatkan kecamatan , maka pihak Program Pemberdayaan SDM Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan memprogramkan agenda kegiatan pemberian materi pembelajaran di tiap kecamatan secara berkelanjutan. Sesuai dengan jadwal pembelajaran maka selaku Staf Teknis Sub Bidang Informasi dan Teknologi Penyuluh ikut membantu mensukseskan Program tersebut guna tercapainya peningkatan kualitas SDM khususnya Penyulub Pertanian di tiap-tiap kecamatan.

     
      Salah satu kegiatan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian adalah penyampaian informasi dan teknologi pertanian kepada penggunanya, informasi dan teknologi pertanian tersebut bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan media penyuluhan. Berbagai media penyuluhan dapat digunakan untuk megemas informasi dan teknologi yang akan disampaikan kepada petani sebagai pengguna teknologi seperti : media cetak, media audio, media audio visual, media berupa obyek fisik atau benda nyata.
     Dalam bidang pendidikan, pelatihan dan penyuluhan, kemampuan literasi visual sangat penting, khususnya bagi para guru, dosen, penyuluh, maupun pelatih/fasilitator lainnya karena dengan demikian mereka dapat lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi penyuluhan, pelajaran/pelatihannya.
     Media apapun yang digunakan, pada prinsipnya harus dapat meningkatkan efektivitas dan kelancaran proses belajar terutama dalam memperjelas materi yang dipelajari sehingga dapat mempercepat terjadinya perubahan perilaku (pengetahuan, keterampialn dan sikap) dikalangan kelompok sasaran.
      Selain dari pada itu media diharapkan dapat lebih mengkongkritkan apa yang dijelaskan komunikator kepada komunikan (sasaran), sehingga sasaran lebih mudah dan lebih cepat menangkap materi, apa yang dilihat sasaran akan terkesan lebih lama dibandingkan dengan didengar dan media mampu memotivasi dan mampu memusatkan perhatian.
     Dalam kegiatan tersebut di laksanakan di UPTB Kecamatan Mempawah Hilir yang di pimpin Bapak H.Juniardi , SP dan rekan2 Penyuluh Pertanian Kecamatan Mempawah Hilir dengan semangat mengikuti Pembelajaran Tentang Internet dan Pembuatan Media Penyuluhan dengan aplikasi Microsoft Power Point yang di bimbing langsung oleh Nara Sumber  Bapak Joko Hadran, SP , yang merupakan salah satu Staf Sub Bidang Informasi dan Teknologi Penyuluh di Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan  Kabupaten Pontianak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar